Tips penting dalam perencanaan keuangan pribadi, mudah!

Menjadi bebas secara finansial adalah suatu dambaan setiap orang, apapun profesinya dan sudah barang tentu hasi jerih payah kita menjadi simpanan kita dimasa yang akan datang dimana kita bisa menikmatinya atau kita memiliki bekal untuk orang yang akan kita tinggalkan, agar mereka tak merasakan kepayahan dan tidak menjadi meminta-minta sepeninggalnya kita nanti, tentu ini semua membutuhakan perencanaan keuangan pribadi dan keluarga, apapun itu sumber keuangan kita.

Proses pencapaian yang dicita-citakan dalam urusan keuangan pribadi dan atau keluarga pastinya tidak bisa sekedar mengandalkan bekerja keras, Kamu harus bekerja cerdas, dengan menghimpun pengetahuan yang cukup atas permasalahan yang dihadap dan mengerjakan perkerjaan rumah/ chores yang sepele tapi sudah tentu ini harus dilakukan.

Lantas langkah apa saya yang harus ditempuh agar kamu bisa sukses dalam perencanaan keuangan pribadi. berikut adalah langkah nyata yang wajib kamu praktekan di keseharianmu:

Tabungan atau berinvestasi

Menabung adalah langkah clasik yang tidak akan pernah dapat dihilangkan dari jurus-jurus yang digunakan untuk kesuksesan perencanaan keuangan pribadi siapapun gurunya. Yang menjadikan fatal adalah kamu menganggap menabung adalah satu-satunya cara. tentu saja ini fatal karena tidak ada yang namanya satu-satunya cara. menabung merupakan jurus yang wajib dicombo dengan jurus lain selanjutnya.
Menabung secara umum termasuh berinvestasi, tentu dengan berinvestasi uang kita akan jauh lebih berkembang dibandingkan jika kita tabung uang kita dibawah bantal tidur.

Dan dengan berinvestasi datang permasalahan baru yang harus menjadi bahan pertimbangan kamu, seperti; berinvestasi di perangkat investasi nilai resikonya kamu sanggup tanggung. tentu keuntungan yang akan didapat dari investasi berbanding lurus dengan potensi resiko/kerugian yang akan dihadapi pula. Solusinya diversifikasi investasi, dengan harapan kerugian yang dialami salahsatu perangkat investasi kita akan tertutupi oleh keuntungan yang didapati dari investasi lainnya.

Menabungkah! berapapun besarnya pendapatan kamu, berapapun besarnya yang kamu sisihkan. jangan pernah melewatikan sekalipun disetiap ada pendapatan. saving first!!! then others.

papa Elon said; ‘if you not doing your chores bad thing will happen..’

Jadikan menabung chores kamu, sambil meneliti berbagai pilihan investasi yang memiliki tingkat return yang diharapkan dan resiko yang realistis dengan kekuatan keuanganmu saat suatu pilihan investasi kamu tentukan.

Catatan rencana keuanganmu.

Sudah bukan alasan lagi untuk tidak mencatatnya, dengan smartphone yang selalu nempel ditangan, tinggal pergi ke playstore dan download apk untuk pencatatan. Di sama banyak beragam pilihan app, namun pastikan kamu install app yang mempunyai rating dan review yang paling bagus. bahkan app gratisan dari segi kualitas banyak yang tak kalah denga app yang berbayar. juga jangan pernah install app dari selain official android store atau play store, sebab bisa jadi app yang kamu install sudah disisipi mallware.

Catatlah setiap transaksi keuangamu, baik itu transaksi pengeluaran dan transaksi pemasukan pendapatan gaji bonus. tidak perlu sok detail gaya akuntan, biasa saja lah. intinya tercatat!

Dengan melakukan pencatatan ini kamu bisa mendapati gambaran apakah kamu sorang yang boros atau hemat atau pelit 😀 ini lebih baik daripada diakhir bulan kamu merasa tidak melakukan pengeluaran yang signifikan tetapi didapati dompet tak bersisa dan bingung bongkar2 ngumpulin struk transaksi untuk berhitung2 sudah belanja apa saja sebelumnya..
perhatikan hasil pencatatanmu, kemudian buat secara rutin evaluasi dan mempertanyakan urgensinya pembelanjaan atau pengeluaran untuk suatu urusan.

Ketahui aturan dasar keuangan

Sekarang untuk sekedar mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan aturan dasar keuanganmu kamu tak perlu pergi untuk kursus atau pendidikan formal. Gunakan mesin pencari dan media sosial untuk mempelajari pengetahuan tentang Uang secara umum seperti;

  1. Cara mengatur anggaran
  2. Cara menyimpan uang di suatu bisnis yang menghasilkan biar ada pemasukan tambahan
  3. Konsep bagaimana caranya uang menghasilkan uang, passive income.

praktekan! yang mempelajari sesuatu tak akan bertahan lama dikepalamu jika tidak dipraktekan, misalkan kamu mempelajari keuangan konsep investasi, makan praktekan, mulai dengan jumlah yang kecil, yang penting ada praktenya, rasakan jalani profit/loss sesuaikan kemampuan, jangan berharap untung toh kamu tidak sedang benar-benar trading atau investasi tetapi sedang belajar.

Sabar.

Sadari untuk menunda kesenangan menjadi kebiasaan. jangan melakukan suatu pembelajaan yang signifikan dibanding penghasila kecuali sudah diperhitungkan berkali-kali. bedakan kebutuhan dengan keinginan. Santai tenangkan hati tundukan pandangan dari materi sebelum kamu lihat angka di simpanan yang cukup besar.
Dan untuk mendapatkan apa yang diinginkan sangat indah sekali kiranya kita belanja tunai tanpa ngutan dari keuntungan investasi kita, tentu jika kamu mau bawa ke level yang lebih exteme[untuk sebagian orang] lagi mereka bener-bener berkomitmen keuntungan dari investasi diinvestasikan ulang /reinvestasi. tahan diri dari promo discount dan lainnya. atau lebih baik lagi redakan ledakan emosi untuk shoping dengan berderma, berbagi rejeki kepada sesama penduduk bumi yang ekonominya masih berkekurangan.

Jauhi Utang

seandainya kamu berada dalam situasi hidup dan mati, mungkin barulah boleh berutang, tapi kalau tidak dalam keadaan itu, jangan! ingat berutang nyatanya bukan meringankan kesulitan yang tengah dihapadi, tapi akan menambah kesulitan dengan kesulitan lainnya. utang datang bersama bunganya. dan tentu fihak sipeminjang tidak perduli dengan keadaan apa yang akan terjadi yang penting urang dan bunga harus dibayarkan, kalau tidak berujung adanya kesulitan bonus seperti penyitaan.

Kurang yang tidak perlu

ini adalah langkah yang sangat pentin, dimana setelah kamu menjalankan langkah-langkat diatas khususnya nomor 2 diatas, disana kamu bisa melihat pengeluaran apa saja yang sekiranya bisa dikurang, atau kebih mantap lagi dihilangkan.
Susun skala dari yang penting same yang tidak penting. dari yang bergaya sampe yang basic, tenang ini sementara saja. sampe dimana target investasi lebih menghasilkan daripada pendapatan rutin kita dari bekerja atau usaha terlampaui.

oke. itulah beberapa tips perencanaan keuangan fundamental yang bisa kamu kembangkan ke subpoint yang detali lagi, tapi yang lebih utama adalah mempraktekannya, dan sabar dalam meunggu hasil.
ku doakan kamu berhasil sampai sana, aamiin.

Leave a Reply