hukum cryptocurrency menurut MUI

investasi kripto menurut Islam

Menjadi dambaan anak muda zaman now memiliki invetasi, terlepas apapun investasinya; baik itu invetasi saham, properti, logam mulia atau yang sedang hangat dibicarakan warganet NKRI sekarang-sekarang yaitu investasi koin kripto atau investasi cryptocurrency, pada tulisan ini tentu akan lebih banyak dibahasa tentang aset invetasi yang booming ini. kripto hari banyak dibahas diberbagai flatform media sosial, apakah kamu siap main kripto? sudah barang tentu kita perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa bagaimana dan cara investasi crypto agar pada prosesnya kamu tidak perlu berdarah-darah mengalami kerugian yang mengerikan.

Apa artinya kripto

kripto atau istilah aslinya crypto atau istilah lengkapnya cryptocurrency bermakna uang atau alat tukar pengganti uang yang diciptakan berdasarkan rumusan enskripsi tententu yang diciptakan dengan jumlah tertentu dengan rumusan yang telah ditentukan.

Tujuan filosofisnya; uang digital menggantikan uang tradisional atau uang fiat yang sudah tidak sesuai lagi dengan zamannya internet, dan tentu seiring waktu berlalu sekarang cryptocurrency atau koin kripto sedikit bergeser dari fungsi dasar yang diharapkan dimana menjadi uang digital menggantikan uang fiat/uang tradisional, malah sekarang menjadi komoditi atau barang atau aset investasi yang menjanjikan sejumlah keuntungan yang fantastis, yang sudah pasti ini diiringi dengan potensi kerugian yang sangat besar pula.

sampai-sampai ada istilah; ‘orang dahulu mengandalkan pensiunan untuk jaminan haritua, orang sekarang mengandalkan crypto untuk jaminan hari tua‘. Tentu saja pernyataan ini tak bisa kamu telan mentah-mentah. ya adalah sangat bodoh sekali jika kamu ‘menyimpan semua telurmu dalam satu keranjang‘, tentu saja disini dalam menyikapi trending yang ada perlu kematangan dalam berfikir dan rencana cadangan apabila hasil dari invetasi kripto tak sesuai dengan harapan.

investasi cryptocurrency adalah jenis invetasi baru dalam bentuk koin kripto dengan harapan koin kripto yang kamu beli dalam waktu yang akan datang memiliki nilai yang sangat besar dan menguntungkan sebagai salah satu aset investasi,
caranya invetasi crypto secara sederhana langkahnya sebagai berikut;

  1. Pelajari dasar-dasar tentang coin kirpto
  2. Siapkan uang dingin
  3. Buka akun disalah satu crypto exchange seperti indodax atau tokocypto yang jelas-jelas sudan memiliki legalitas dari dari badan pemerintah yang mengawasi bisnis komoditi investasi. siapkan identitas diri dan dokumen lain yang diperlukan untuk pembukaan akun
  4. Lakukan deposit uang untuk digunakan melakukan pembelian koin kripto yang kamu anggap memiliki potensi investasi yang menjanjikan dimasa akan datang.
  5. Selesai. kecuali kamu hendak menarik[mentransfer] koin kamu ke dompet digital pribadi[baik itu berupa aplikasi di hape atau berupa dompet digital berupa hardware], demi alasan keamanan alangkah baiknya jika kamu berencana untuk investasi crypto jangka panjang[misal:5 tahun lebih] kamu bagus menyimpan coin crypto dalam dompet digital kamu sendiri. Sebab ini pernah terjadi crypto exchange kena hack orang yang tak bertanggung-jawab dan kehilangan semua koin kripto yang ada, semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Investasi cryptocurrency menurut islam.

Perdebatan tentu takkan pernah berhenti sampai kapanpun termasuk status crypto menurut islam, secara umum pendapat yang beredar dimasyarkat kita ada yang mengharamkan ada yang menghalalkan dan ada juga yang mengambil jalan tengah.

  • Dari sisi pendapat yang mengharamkan ini menganalogikan jika kripto haram karena ini tidak jauh berbeda dengan judi bahkan dengan keras berpendapat kripto adalah judi, dan dari fihak yang mengharamkan dengan dalil riwayah dahulu pun khalifah Umar RA. pernah berencana membuat uang dari kulit unta, dan rencana ini tidak jadi dijalankan dengan pertimbangan bahwa; “mungkin jikalau ini benar-benar direalisasikan mungkin unta tidak akan ada lagi dimuka bumi ini“.
  • Lantas dari sisi yang berpendapat investasi crypto halal, pendapat para ahli ini menyamakan dengan instrument invetasi lainnya seperti halnya investasi saham dimana orang melakukan pembelian saham selain mengharapkan pembagian keuntungan usaha dari persahaan tentu investor mengharapkan keuntungan dalam perubahan harga saham yang naik.
  • Pendapat para ahli yang menilai crypto dengan jalan tengah dengan tidak mengharamkan atau menghalalkan ini cenderung mengambil sikap hati-hati sebab ini merupakan teknologi baru dan ini tentu masih perlu pengkajian mendalam jangan sampai suatu tenkologi yang baru yang berpotensi memberikan manfaat bagi umat manusia malah dengan gegabah diharamkan, dan tentu ini juga kembali pada dasar manfaatnya atau lebih awal lagi pada dasar niatnya.

wallohu’alam, tentu secara agama untuk perdebatan hanya boleh dilakukan oleh para tetua yang berilmu tinggi, dan itupun statusnya makruh. apalagi perdebatan yang dilakukan kita orang awam ini malah status nya haram, maka berhati-hatilah dalam berpendapat terlebih urusan agama. alangkah sangat baiknya mengkonsultasikan kegundahan pada guru yang kamu percaya sebelum do action investasi di koin kripto.

MUI Tetapkan Kripto Haram Jadi Mata Uang untuk Jual Beli

Pendapat badan MUI seperti dikutip teknokompas dari antara, menyatakan; halal jika cryptocurrency digunakan sebagai aset investasi dengan pandangan masih masuk kedalam fungsi hukum; ‘berguna untuk memenuhi kebutuhan umat manusia’. lantas hukumnya menjadi haram apabila koin kripto digunakan sebagai alat pembayaran demi menggantikan uang fiat, uang yang sah yang secara undang-undang berlaku di negara Indonesia.

wallohu’alam.

berhati-hati dengan apa yang kau masukan kedalam perutmu dan apa-apa yang kau masukan kedalam perut keluargamu, Semoga Alloh menyelamatkan kita semua. Aamin

Leave a Reply