cara berinvestasi di crypto untuk pemula

Cryptocurrency sekarang tengah trending. menjadi pilihan anak muda untuk mengenal trading crypto atau berinvestasi di cryptocurrency. tapi sebagian yang lain masih bingung cara berinvestasi di crypto untuk pemula bagaimana caranya. tenang disini akan dibahas tuntas.

Pertama, fahamilah akan potensi resiko dari apapun instrument investasi yang ada, tidak terlepas jika kamu hendak belajar cara investasi cryptocurrency dengan harapan bisa cuannnnn.. aameen. dari potensi keuntungan yang ribuan persen bersanding dengan potensi kerugian yang menyertainya, bisa jadi coin crypto anda hilang atau secaran nilai sudah tak ada harganya karena kamu salah beli coin crypto, dapet nya shit coin. nah dengan kamu fahami hal ini, kamu sudah siap mengetahui seluk belum lebih dalam tentang investasi crypto untuk tujuan trading atau investasi crypto jangka panjang. tergantung posisi kamu yang hendak ambil; apakah kamu mau jadi seorang trader crypto atau holder crypto yang militan sama coin tertentu, tergantung preferensi masing.

Sebelum melangkah lebih jauh ke trading atau investasi crypto yang sebenernya tak jauh berbeda dari investasi tradisional lainnya seperti saham, properti atau logam mulia, yaitu semata untuk mengembangkan aset yang kita miliki agar lebih besar lagi nilainya. mari fahami dulu keunggulang dari coin crypto itu sendiri, diantaranya;

  1. Fluktuasi harga yang tajam, dalam hitungan bulan hari atau jam, coin crypto bisa mencetak rekor harga yang sangat mengiurkan dengan kenaikan harga higga ratusan hingga ribuan persen.
  2. Di beberapa negara tertentu cryptocurrency sudah digunakan sebagai alat pembayaran dalam ekonomi transaksi digital.
  3. Dari waktu ke waktu coin crypto diterima bukan hanya transaksi digital semata, bahkan sebagian digunakan untuk pembelian produk nyata seperti pembelian mobil dengan coin bitcoin, misalnya.

Asal usul

Coin crypto atau cryptocurrency sendiri adalah uang digital atau uang internet. yang sejatinya diciptakan untuk menggantikan uang fiat seperti dollar rupiah yen dll dan uang lain yang secara resmi dikeluarkan oleh suatu negara sebagai alat pembayaran yang sah.

Secara cita-cita sangat lah ideal dimana crypto coin diciptakan untuk membebaskan setiap individu untuk memiliki uang tanpa kendali dari system atau penguasa yang ada. dengan adanya internet yang menghubungkan seluruh umat manusia di planet bumi ini. setiap pemilik uang digital atau coin crypto bisa menerima dan mengirim coin kepada siapapun dan dimanapun tanpa adanya perantara[dalam hal ini; bank] dan dengan tanpa biaya yang berarti.

Tetapi seirin waktu, coin crypto menjadi semacam aset komoditi yang diperjualbelikan[trading crypto] dan karena secara defacto sebagian pengguna internet mengakui maka jadilah aset investasi.

Cara beli cryptocurrency

Selanjutnya, bagaimana cara beli cryptocurrency di indonesia. sangat mudah!

  • Kamu tinggal kunjungi web penyedia penjualan cryptocurrency,
  • Mendaftar dan memverifikasi identitas,
  • Deposit
  • Dan memilih coin crypto atau cryptocurrency yang hendak kamu miliki,
    selesai 😀 kamu tinggal tunggu cuan.. jangan lupa traktiran

Dimana belinya? di cryptocurrency exchange yang secara legal sudah terdaftar di otorisasi lembaga keuangan negara. salah satu yang direkomendasikan para antusias cryptocurrency adalah di cryptocurrency exchange indodax. atau di tokocrypto anak dari binance.

Cara trading cryipto [basic]

1. Miliki dompet digital untuk menyimpan aset coin kamu.

Ini berguna kalau kamu mau jadi true coin holder, kamu kerjanya nyerok coin crypto yang harganya masih jauh dibawah. targetnya jangka panjang menapati harga coin yang bisa membuat kamu pensiun muda pensiun kaya. pastinya ini tak semudah disampaikan, kamu wajib melakukan riset tentang coin crypto yang mana kiranya kuat secara fundamental, baik dari sisi whitepaper yang prospektif dan menjanjikan, roadmap yang realistis dari team pengembang, dukungan komunitas yang solid di berbagai platform media sosial dan berbagai info trend yang mendukung, pokoknya banyak deh homework yang kamu harus kerjakan biar kamu punya pengetahuan yang solid tentang kondisi suatu coin crypto yang kamu incar sebagai targetan invetasi crypto jangka menengah atau investasi jangka panjang.

Cara membuat dompet digital untuk cryptocurrency kamu sangat mudah, tinggal pergi ke playstore dan pilih install aplikasi crypto wallet. Jangan lupa perhatikan review dari para pengguna, untuk memastikan app wallet yang kamu install bukan app scam. hati-hati. Secara sederhana ya dengan bijak dalam memilih crypto exchange yang legalitasnya terpercaya.

catatan: lain halnya kalau kamu tidak berencana untuk berinvestasi cryptocurrency tetapi melainkan sekedar untuk trading, lakukan aksi beli dan jual dalam jangka pendek take profit dengan ambil untung dari selisih harga dalam waktu yang sangat pendek. So kamu tak perlu buat digital wallet atau dompet digital. 

2. Fleksibel dalam pengambilan keputusan.

Ini harus betul diperhatikan, jangan sampai harapan mengaburkan kenyataan. misalnya; bilamana harga coin cripto turun drastis, tak perlu berpegan teguh sama harapan. lihat kenyataan kemungkinan, perhitungkan berapa kerugian yang sanggup kamu tanggung, kalau tak sanggup langsung aja cut loss (=market instant sell, menghindari kerugian yang lebih besar lagi).

3. Limit Order atau market instant.

Fitur trading ini biasanya standar tersedia di berbagai platform trading crypto. perbedaanya;

limit Kamulah yang menentukan dinilai harga crypto diangka berapa. baik itu untuk pembelian atau order penjualan, prosesnya;

  • harga kamu tentukan,
  • menunggu harga pasar sesuai dengan harga beli/jual sesuai harga limit kamu.
  • transaksi beli/jual terpenuhi

market instant. setiap order beli/ order jual langsung selesai terjadi setelah kamu klik jual atau beli diharga berapapun.

tips: ini[market instant] berguna untuk melakukan segera pembelian dimana kamu sudah memperkirakan harga akan naik kemudian dan kamu bisa memastikan jika melakukan aksi jual sekarang, akan mendapatkan keuntungan. Begitu pula sebalinya; ketika coin crypto yang kamu miliki harganya trending turun tak terduga, dan kamu tak kuasa untuk menanggung kerugian lebih besar lagi, kamu tinggal market instant order sell. done.

3. Medsos untuk memcari fakta tentang trend yang terjadi.

facebook, twitter atau media blog untuk mendapati info tentang press release resmi, untuk meng cross check berita yang tersebar tentang apa saya yang berhubungan dengan trending cryptocurrency. nah dengan berbekal pengetahuan ini selanjutnya

4. Percaya diri

Jangan panik ketika harga turun, jangan serakah ketika harga naik. sebab akibatnya fatal!!! bisa kamu kembali makan nasi sama kerupuk lagi. camkan itu!

Panik ketika harga turun, harusnya kamu pastikan ini down trend yang sesunggunya atau akan kembali ngaceng lagi menanjak, dan kamu bisa sell untuk profit.

Serakah ketika harga naik bisa jadi ketikan kamu menunda untuk take profit karena harapan harga coin crypto yg dimiliki naik lagi, ternyata drop teruss kebawah dan tak kembali lagi.

happy trading. be careful!

Leave a Reply