berapa modal awal untuk investasi saham pemula

Berapa modal minimal untuk pembelian saham

Hari gini  dimana semua perangkat sudah terintegrasi dengan internet, membeli saham semakin mudah, mendapatkan saham dapat ditempuh lewat online sekarang dengan gadget kita yang tersambung ke internet. pertanyaannya berapa nominal paling sedikit dibolehkan belanja saham? kamu harus faham saham dihitung perlembar, tetapi pembelian berdasarkan ketentuanBEI; dihitung dengan satuan lot atau 1 lot, satu lot sama = 100lembar saham.

Adapun aplikasi investasi saham terbaik yang sedang trending digunakan netizen baik itu investor saham yang pro maupun investor saham pemula diantaranya;

  • IPOT
  • Ajaib
  • Stockbit
  • MNC Sekuritas
  • MOST mandiri
  • BIONS BNI sekuritas innovative trading system
  • RTI bussiness
  • Mirae HOST

Rata-rata langkahnya sangat mudah, biasanya cukup dengan;

  1. Menginstall aplikasi
  2. Membuat akun disertai dengan mengupload dokumen data diri semisal KTP/SIM
  3. Melakukan deposit sejumlah uang setiap aplikasi investasi saham atau perusahan sekuritas berbeda-beda dalam nominal minimal deposit yang harus disetorkan
  4. Melakukan pembelian pembelian langsung dari aplikasi saham yang diinginkan dengan jumlah sesuai dengan harga yang tengah berlaku.
  5. Selamat kamu sudah memiliki saham yang diinginkan.

Pengertian saham

Saham nyatanya adalah satu instumen kita untuk berinvestasi, dan saham ini adalah bukti kepemilikan sejumlah tertentu modal dalam suatu perusahaan, atau bahas formalnya, bukti penyertaan modal. dan kamu sebagai pemilik saham secara hukum mempunyai hak atas pembagian deviden sesuai dengan jumlah nilai kepemilikan saham yang kamu pegang.

Resiko investasi saham

sebelum kamu action beli saham fahamilah serupa dengan instumen investasi lainya, dimana sebuah instumen investasi berpotensi mendatangkan keuntungan investasi saham, tidak terlepas dari potensi kerugian/ resiko yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan berjangka deposito obligasi atau emas. logis memang, dikarenakan sifat dari instumen nvestasi berupa saham ini memiliki resiko yang sangat tinggi dilihat dari fluktuasi harga saham yang diperjualbelikan. Sekarang semua orang bisa membeli saham, tentu tujuan untuk mendapati keuntungan yang cepat jika dibandingkan dengan instrumen saham lainnya, dengan harapannya bisa dikemudian hari jika nilai asset kita sudah cukup baru beralih ke instrumen investasi lain yang lebih stabil dalam hal resiko kerugiannya.

cara investasi saham

semua orang sekarang dapat beli saham dengan mudahnya. Cukup dengan perangkat gadget kita yang ada dengan cara investasi saham online sudah sangat dimudahkan. hampir semua perusahaan sekuritas yang ada di wilayah hukum Indonesia mereka rata-rata sudah memberikan kemudahan kepada masyarakat umum untuk melakukan pembelian saham, dan tentu ini memudahkan bagi para investor saham pemula.
pembelian saham yang diinginkan; investor atau calon investor atau kamu wajib mempersiapkan dana sebesar harga saham yang diinginkan ditambah biaya transaksi untuk fee perusahaan sekuritas. jadi nominal dana yang kamu harus keluarkan adalah:

total = harga saham yang diinginkan + fee perusahaan sekuritas + PPh

sebagai catatan:
biaya free broker di kisaran 0,2-0,3 % plus PPh 0,1 %.

3 faktor yang harus diperhatikan atas pertanyaan seputar modal pembelian saham;

  • harga dari saham perusahaan yang hendak kamu beli
  • jumlah dari saham yang diinginkan.
  • fee brooker

minimal pembelian saham? 1 lot. dan Kamu tidak bisa kurang dari itu. 1 lot berapa lembar saham? 100 lembar saham.

contoh perhitungan:

Kamu membeli satu lot saham dengan harga 6175 x 1lot = 617.500 + 0.3%[18.525,5], maka total modal yang kamu keluarkan adalah Rp. 636.025.

Selanjutnya, berselang waktu kamu hendak menjual 1 lot saham yang kamu miliki, perhitungannya [asumsi disini tak ada perubahan harga saham];  harga 6175 x 1lot = 617.500 – 0.3%[18.525,5] -0.1%[617,5], maka total modal cash yang kamu dapat setelah dikurang fee dan PPh adalah sebesar 617.500 – 19.134 = Rp. 598.357,-

Leave a Reply